Pengertian Model Pembelajaran




Pengertian Model Pembelajaran

Model pembelajaran diartikan sebagai prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Dapat juga diartikan suatu pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Jadi, sebenarnya model pembelajaran memiliki arti yang sama dengan pendekatan, strategi atau metode pembelajaran. Saat ini telah banyak dikembangkan berbagai macam model pembelajaran, dari yang sederhana sampai model yang agak kompleks dan rumit karena memerlukan banyak alat bantu dalam penerapannya.
Ciri-ciri Model Pembelajaran
Ada beberapa ciri-ciri model pembelajaran secara khusus diantaranya adalah :



Rasional teoritik yang logis yangdisusun oleh para pencipta atau pengembangnya.
Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa belajar.
Tingkah laku mengajar yang diperlukanagar model tersebut dapat dilaksanakandengan berhasil.
Lingkungan belajar yang duperlukanagar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Sedangkan model pembelajaran menurut Kardi dan Nur ada lima model pemblajaran yang dapat digunakan dalam mengelola pembelajaran, yaitu: pembelajaran langsung; pembelajaran kooperatif; pembelajaran berdasarkan masalah; diskusi; dan learning strategi.
Memilih Model Pembelajaran Yang Baik
Sebagai seorang guru harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat bagi peserta didik. Karena itu dalam memilih model pembelajaran, guru harus memperhatikan keadaan atau kondisi siswa, bahan pelajaran serta sumber-sumber belajar yang ada agar penggunaan model pembelajara dapat diterapkan secara efektif dan menunjang keberhasilan belajar siswa.
Seorang guru diharapkan memiliki motivasi dan semangat pembaharuan dalam proses pembelajaran yang dijalaninya. Menurut Sardiman A. M. (2004 : 165), guru yang kompeten adalah guru yang mampu mengelola program belajar-mengajar. Mengelola di sini memiliki arti yang luas yang menyangkut bagaimana seorang guru mampu menguasai keterampilan dasar mengajar, seperti membuka dan menutup pelajaran, menjelaskan, menvariasi media, bertanya, memberi penguatan, dan sebagainya, juga bagaimana guru menerapkan strategi, teori belajar dan pembelajaran, dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif.
Pendapat serupa dikemukakan oleh Colin Marsh (1996 : 10) yang menyatakan bahwa guru harus memiliki kompetensi mengajar, memotivasi peserta didik, membuat model instruksional, mengelola kelas, berkomunikasi, merencanakan pembelajaran, dan mengevaluasi. Semua kompetensi tersebut mendukung keberhasilan guru dalam mengajar.
Setiap guru harus memiliki kompetensi adaptif terhadap setiap perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan di bidang pendidikan, baik yang menyangkut perbaikan kualitas pembelajaran maupun segala hal yang berkaitan dengan peningkatan prestasi belajar peserta didiknya.
Rujukan :
Colin Marsh. (1996). Handbook for beginning teachers. Sydney : Addison Wesley Longman Australia Pry Limited.
Sardiman, A. M. (2004). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Category

2D Bakti Sosial Dunia Pendidikan contoh laporan prakerin jurusan rpl Daftar Pesanan Terbaru dan 3D dll info tempat pkl jurusan rpl di Yogyakarta info tempat pkl jurusan TKJ di Yogyakarta Info Tempat Prakerin info tempat prakerin jurusan animasi info tempat prakerin jurusan multimedia info tempat prakerin jurusan RPL info tempat prakerin jurusan tkj Jasa Pembuatan Stop Motion Jasa Aransemen Musik Jasa Editing Audio dan Video Jasa Jasa Shooting Video Seminar Jasa Pembuatan Animasi 2D dan 3D Jasa Pembuatan Animasi Berbasis Flash Jasa Pembuatan Aplikasi Pendidikan Jasa Pembuatan Aplikasi Perkantoran Jasa Pembuatan Aplikasi Umum Jasa Pembuatan FILM Kartun Jasa Pembuatan Iklan Animasi Jasa Pembuatan Media Pembelajaran Game Edukasi Jasa Pembuatan Radio Online Jasa Pembuatan TV Online laporan prakerin jurusan rpl Lihat Sample/Contoh Media Pembelajaran Murah dan Berkualitas Media Pembelajaran Simulasi Fisika Membuat Animasi Untuk Media Pembelajaran MULTIMEDIA DAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK Pelatihan Pembuatan Game Edukasi Pelatihan Spesial Pembuatan Konsep Pembuatan Story Board Pendaftaran PRAKERIND/PKL Pengertian Media Pembelajaran Pengertian Model Pembelajaran Pernikahan pesan media pembelajaran murah dan berkualitas Produk-Produk Unggulan Relasi-Relasi Utama Simulasi Biologi Simulasi Kimia Simulasi Matematika Simulasi Materi Lainnya Siti Jamilah Info Tempat Prakerin Jurusan RPL Syukuran tempat pkl jurusan multimedia tempat prakerin animasi Tempat prakerin dengan fasilitas lengkap di jogja tempat prakerin di Yogyakarta tempat prakerin jasa pembuatan game edukasi di jogja tempat prakerin jurusan animasi tempat prakerin jurusan multimedia tempat prakerin jurusan rpl tempat prakerin multimedia tempat prakerin rpl tempat prakerin tav Tempat prakerin tehnik komputer dan jaringan di jogja tempat prakerin tkj